Sunday, July 24, 2016

Green and Clean Desa Tenonan


Tenonan Green and Clean ini merupakan kegiatan bersih bersih desa. Penanggung jawab dari kegiatan ini adalah Isdad Imam Wahyudi. Sebelum menjalankan program Green and Clean ini penanggung jawab yaitu saudara isdad melakukan konfirmasi dengan Kades(Kepala Desa) untuk menentukan lokasi mana saja yang akan di jadikan sasaran untuk proker Green and Clean. Dalam hal ini kepala desa mengusulkan 3 lokasi Green and Clean yaitu RA tenonan, Tenonan Barat dan Balai Desa.

Kegiatan Green and Clean di lokasi RA(Roudhotul Adfal) Dusun Mandara dilaksanakan pada hari jum’at, 22 juli 2016 pukul 08.00 kerena kebetulan RA ini dalam proses pembangunan, kegiatan yang dilakukan di lokasi adalah bersih bersih halaman sekolah, angkat-angkat kursi, pembuatan papan tulis dan banyak lagi kegiatan yang lainnya. Kegiatan Green and Clean yang ke dua dilaksanakan pada hari minggu, 24 juli 2016 pada jam 07.30 yaitu kerjabakti bersih-bersih dan pembuatan selokan di dusun tenonan barat, mengingat selokan di dusun tenonan barat buntu sejak dua minggu yang lalu. Kegiatan ini dimulai pemungutan sampah di lokasi sekitar, pembakaran sampah, tebang tanam pohon/reboisasi serta pembuatan selokan yang panjangnya sekitar ½ km. Kerjabakti yang terakhir adalah kerjabakti di balai desa dan lokasi sekitar di dusun mandara yang dilaksanakan pada tanggal 29-30 Juli 2016. Pada hari selasa, 29 juli 2016 pukul 07.30 WIB kegiatannya antara lain : mencabuti rumput, membersihkan sampah di lokasi sekitar dan mengecat pagar balai desa. Sedangkan pada tanggal 30 juli 2016 pada jam 01.00 meneruskan penempatan dan penempatan plang/papan nama di rumah kepala desa dan 4 kepala dusun yang berada di desa tenonan.

Kegiatan Green and Clean yang di laksanakan di 3 lokasi ini hanya dilakukan dengan parat desa dan anggota KKN 92 dikarenakan masyarakat di desa tenonan ini selain susah untuk diajak sosialisasi warga desa tenonan juga banyak yang sibuk bekerja. Kerja bakti ini dilakukan dengan suka cita oleh anggota KKN 92, meskipun dalam kegiatan kerja bakti ini dirasa kurang ada partisipasi dari warga desa. Dalam kegiatan Green and Clean ini kami sebagai anggota KKN mengharapkan kegiatan kerja bakti ini dapat di jalankan secara rutin oleh masyarakat desa tenonan untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan agar terbebas dari berbagai penyakit yang di timbulkan akibat kurang bersihnya lingkungan.

Kegiatan kerjabakti ini merupakan wujud nyata dukungan dari Aparat Desa Tenonan dalam mensukseskan kegiatan Green and Clean yang telah di programkan oleh anggota KKN 92. Kegiatan menjaga kebersihan lingkungan ini harus di lakukan secara bersama-sama. Terlebih saat musim penghujan seperti saat ini, penyakit demam berdarah bisa menular kapan pun. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi terjadinya wabah demam berdarah, kegiatan seperti ini harus digiatkan. Selain membuat desa terlihat bersih, kegiatan ini juga dapat mempererat tali persaudaraan antar warga.

0 comments:

Post a Comment