Sunday, July 17, 2016

Kerjabakti Posko KKN (Balai Desa)


         Jum’at,  tanggal 15 juli 2016 merupakan hari kedua kita berada di desa tenonan, pada hari kedua ini kami berfokus untuk melakukan persiapan kerja bakti, sehingga masak di mulai sepagi mungkin. Pada hari jum’at jadwal piket sudah mulai aktif dan  berjalan dengan baik, pada hari pertama menu yang kami buat cukup sederhana, meskipun jauh dari orang tua kami senang karena dapat makan bersama-sama secara kompak. Sesudah makan kami langsung kerjabakti di balai desa, hal tersebut dilakukan agar balai desa tampak bersih dan rapi. Kegiatan kerja bakti ini berlangsung pada jam 08.00 adapun bermacam-macam pembagian tugas setiap orang adalah sebagai berikut : ada yang membuat jemuran baju, membuat jalan untuk naiknya sepeda motor, bersih bersih kamar mandi, mencabuti rumput dihalaman balai desa. Kami melakukan kerja bakti ini secara bersama-sama diamana kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik sehingga dapat menumbuhkan rasa kesadaran yang tinggi.
        Setelah sebimbingan belajarai kerjabakti kami persiapan untuk membuat produk proker utama, sebagian anggota ada yang membantu belanja barang-barang untuk keperluan  proker utama, proker utama kami adalah pembuatan kotak tisu vas bunga dari serbuk kayu halus, bunga dari bekas plastik dan pembuatan pot pori. Penaggung jawab dari proker utama ini adalah saudara Muhammad Aziz Khoiri yang dibantu oleh tiga koordinator, koordinator pembuatan kotak tisu dan vas bunga yaitu saudara Muafiatun Nuryunita, koordinator pembuatan bunga dari plastik baekas yaitu Diah Agustini, kordinator pembuatan pot pori adalah Dwi Yunia Listiani yang dibantu oleh anggota. Pembuatan produk utama ini dimulai jam 11.00, pembagian kelompok pembutan produk ini di bagi secara rata sehingga program berjalan dengan lancar, namun pada hari itu ada kandala dalam pembuatan produk dari limbah kayu karena tidak adanya sinar matahari (hujan).
         Pada jam 19.00  kami bersiap-siap untuk melakukan rapat kegiatan Silaturrahmi dan pengenalan program kerja dalam rapat ini membahas tententang hal-hal yang perlu di persiapkan dalam kegiatan silaturrahmi serta pembagian sie(sie acara, sie konsumsi, sie perengkapan dan sie PDD) dan kelompok dalam Silaturrahmi ke 4 dusun tenon yaitu dusun tenonan Nigara, dusun tenonan timur, dusun tenonan barat dan dusun mandala, rapat ini di pimpin oleh penanggung jawab kegiatan yaitu saudara Dadio Rafulawal. Dalam rapat ini terdapat beberapa hal yang dibahas mengenai kesepakatan baju yang di pakai saat acara berlangsung, selain itu juga membahas mengenai hal-hal yang harus di perhatikan saat acara berlangsung seperti kesopanan,  larangan untuk meninggalkan lokasi kegiatan tanpa ijin dari penanggung jawab, larangan untuk bercanda, larangan untuk main HP, larangan untuk merokok selama acara berlangsung, dan pemberitahuan kepada penanggung jawab kegiatan untuk melapor kepada kordes jika ada kendala. Dalam rapat ini juga dibahas mengenai konsep acara serta penyebaran undangan mengenai siapa saja yang harus diundang, berapa orang undangan, waktu penyebaran undangan, dan teknis undangan yang disepakati untuk dikirim langsung kepada masyarakat secara langsung.

0 comments:

Post a Comment