Thursday, July 21, 2016

Pengajaran di SD Tenonan 1 dan Madrasah Miftahul Jannah

Program kerja pengajaran ini dilaksanakan setiap hari senin rabu dan sabtu. program kerja pengajaran ini dilaksanakan di SD Tenonan 1 dan Madrasah Miftahul Jannah. Program kerja ini di lakukan untuk meningkatkan taraf pendidikan dan membantu tenaga pendidik di Desa Tenonan Yang masih minim pengajar. Kegiatan pengajaran ini dirasa penting untuk dilakukan dengan permasalahan pendidikan yang ada. Salah satunya adalah kondisi sekolah yang tidak mendapat pengajar secara menyeluruh dan merata serta kurikulum yang tertinggal dimana pada tahun ini di sekolah-sekolah lain sudah di terapkan  kurikulum 2013 sedangkan pengajaran di desa ini masih menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) sehingga membuat siswa-siswi di desa tenonan ini tertinggal.
Sebelum kami melakukan pengajaran di kelas kami melakukan wawancara terlebih dahulu dengan kepala sekolah, disitu kepala sekolah memberikan pengarahan kepada anggota KKN untuk bekal mereka saat mengajar. Salah satu rencana yang sudah kami bicarakan sebelumnya dengan kepala sekolah mengenai pembelajaran yang akan di terapkan. Pada hari pertama adalah perkenalan dan pencatatan jadwal pelajaran. Dan pada hari selanjutnya kami mulai aktif mengajar kelas satu sampai kelas enam, kesan pertama dalam pengajaran mereka malu-malu namun untuk hari selanjutnya mereka sudah mulai aktif untuk bertanya dan menjawab pertanyaan yang kami berikan. Biasanya kami memberikan hadiah pada siswa-siswi yang mempunyai poin paling banyak dalam menjawab pertanyaan dengan benar, tujuan kami dalam memberikan hadiah ini adalah agar mereka antusias dan cekatan dalam menjawab pertanyaan yang kami berikan sehingga dapat melatih mental mereka untuk berani maju kedepan tanpa takut salah. Terkadang dalam pengajaran kami berusaha untuk mencairkan suasana di kelas dengan cara mengajak mereka bermain sambil belajar agar mereka tidak jenuh dengan suasana pembelajaran.
Baik siswa SD Tenonan 1 dan Madrasah Miftahul Jannah mereka sangat senang dengan kehadiran kami. Bahkan siswa-siswi disana sering berebut meminta kami untuk mengajar di kelas mereka dan lebih memilih kami yang mengajar dari pada gurunya sendiri. Dengan adanya Program kerja ini diharapkan dapat membantu tenaga pendidik dalam mengajar anak-anak dan setidaknya siswa-siswi sedikit mengenal kurikulum baru yaitu K-2013 yang kami terapkan di sana, diamana dalam kurikulum ini siswa-siswi harus aktif dari pada gurunya. Kurikulum ini efektif dilihat dari respon anak-anak dalam mengikuti pelajaran, mereka menjadi lebih cepat mengerti  dan menyerap  materi yang di berikan anggota KKN. Selain itu juga anggota KKN juga bisa memberikan bimbingan belajar seperti Pekerjaan Rumah(PR)  dan belajar bersama mengenai materi pelajaran untuk keesokan harinya.

Pengajran di MI Miftahul Jannah

Pengajaran di SD Tenonan 1

0 comments:

Post a Comment