Friday, July 15, 2016

PROFIL DESA TENONAN



Desa Tenonan merupakan salah satu desa dari 11 desa yang terletak di kecamatan Manding Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur. Secara geografis Desa Tenonan merupakan perbatasan antara desa Girng dan desa Parsanga. Masyarakat Desa Tenonan memiliki mata pencaharian yang beragam diantaranya petani, peternak, pedagang, wirausaha, guru dan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Namun mata pencaharian sebagai petani lebih mendominasi didesa ini.

Pendidikan di Desa Tenonan mengalami sedikit perkembangan setiap tahun dibandingkan dengan desa-desa lain di Kecamatan Manding. Namun di Desa Tenonan terus berupaya untuk memulai terciptanya pemerataan pendidikan untuk masyarakat desa dengan adanya 4 Sekolah Dasar dan  MI. Kesadaran dari masyarakat Desa Tenonan akan pentingnya pendidikan dijenjang SD juga mulai meningkat hal ini dibuktikan dengan banyaknya usia sekolah yang masih bersekolah. Namun hal ini tidak dibarengi dengan pembangunan infrastruktur berupa gedung sekolah yang baik, serta fasilitas didalamnya berupa perpustakaan dan taman bermain.  Sedangkan kesadaran di jenjang SLTP dan SLTA kurang, hal ini dikarenakan karakter masyarakat yang cenderung religius sehingga menyekolahkan anaknya di pendidikan informal seperti pondok pesantren diluar desa Tenonan dimana yang lebih menekankan di ilmu agama dibandingkan ilmu sains.

Letak geografis Desa Tenonan yang tidak berada dipusat kecamatan menyebabkan desa ini sulit dijangkau. Meskipun demikian pertumbuhan ekonomi cukup naik, hal ini didukung oleh adanya usaha kecil menengah yang dikelola sendiri oleh warga Desa Tenonan, diantaranya usaha Meubel dan usaha kripik singkong.

Desa Tenonan, Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep merupakan salah satu daerah agraris yang berpotensi untuk dikembangkan. Mata pencaharian masyarakat desa tersebut beragam, namun yang paling dominan ialah pekerja mebel dan petani. Kecamatan Manding terkenal akan hasil tanaman singkong yang subur, tidak hanya singkong, jagung, padi, tembakau pun tumbuh subur disana. Suasana Desa ini sejuk dan terlihat hijau, sumber airnya pun banyak sehingga warga tidak kesulitan mencari air, untuk minum biasanya warga langsung bisa mengambil air sumber tersebut untuk langsung diminum dan rasanya sangat segar, di desa ini mayoritas pekerjanya adalah sebagai tukang mebel dan sebagai seorang petani. Laki laki sebagai tukang mebel dan perempuan bekerja di ladang, karena di desa perbukitan suasananya berbeda dengan kota yang sempit dangan rumah di desa ini masih jarang rumah jarak antar rumahpun sangat jauh sehingga tanah pekarangan mereka sangat luas dan banyak ditanami dengan tanaman seperti buah pisang, mangga, jambu kelapa dan banyak tanaman yang lainnya . Desa tenonan ini rata-rata pekerjanya adalah sebagai seorang mebel terdapat 4 pembuatan produksi mebel besar dan rata rata ekonomi terbesar mereka di dapatkan dari industri mebel. Di desa tenonan ini terdapat 4 posyandu dan 5 sarana pendidikan yaitu TK, SD, MI, MTS, dan MA.

0 comments:

Post a Comment