Tuesday, August 9, 2016

Sosialisasi Produk Kerajinan Tangan Kepada Ibu-Ibu PKK



Jum’at tanggal 29 juli 2016 jam13.00 merupakan acara sosialisasi pengolahan, pembuatan, dan pemasaran tiga produk kerajinan yaitu dari limbah kayu, pelepah pisang dan bunga dari keresek/plastik bekas. Acara ini di ikuti oleh ibu-ibu PKK dari beberapa dusun yang ada di Desa Tenonan dan mendapat respon yang  baik dari ibu-ibu PKK, hal ini dibuktikan dari antusiasme mereka dalam mengikuti acara ini, mereka rela mengorbankan waktu bekerja mereka untuk mengikuti acara ini.



Acara sosialisasi produk ini diawali dengan sambutan kepada ibu-ibu PKK oleh saudara M. Aziz Khoiri selaku penaggung jawab proker utama, pembawa acaranya saudara erli dan  isdad, sedangkan pemateri dalam acara ini yaitu saudara nita, diah dan yuni. Nita sebagai pemateri pembuatan kerajinan dari serbuk kayu, diah sebagai pemateri keajinan bunga dari kresek/plastik dan yuni sebagai pemateri kerajinan dari pelepah pisang. Masing-masing pemateri diberikan durasi waktu 7 menit untuk mendemokan pembuatan kerajinan tangan secara langsung di depan ibu-ibu PKK.

Untuk proses pembuatan kerajinan ini, kami membagi ibu-ibu PKK menajdi 4 kelompok dan masing masing kelompok didampingi oleh 2 anggota KKN untuk memberikan pengarahan disaat mereka tidak mengerti. Dalam pembuatan kerajianan ini setaip kelompok harus membuat tiga kerajinan yaitu kerajinan dari serbuk kayu, plastik bekas dan pelepah pisang dimana pada saat malam inagurasi nanti hasil kerajinan mereka akan dipamerkan.



Sekitar jam 03.30 kami memberikan pelatihan tentang pembenahan dan pemasaran produk yang di jelaskan oleh saudara aziz. Pada akhir acara kami memberikan tiga produk kerajinan yang sudah dibuat sebelumnya untuk dijadikan sebagai pemberian simbolis kepada ibu-ibu PKK dan foto bersama warga sebagai kenang-kenagan antara anggota KKN 92 dan ibu-ibu PKK. Acara ini berjalan lancar dan cukup kondusif dimana Ibu-ibu PKK mampu menuangkan kreativitas mereka pada kotak tissu yang menjadi media penempelan bubuk kayu dan pelepah pisang. Mereka juga mampu membuat karangan bunga dengan bagus untuk mengisi vas bunga. Hasil karya mereka relatif bagus dan layak untuk dipamerkan pada saat malam inagurasi nanti.

0 comments:

Post a Comment